Analisis Laju Korosi Baja A36 dalam Media Air Laut Hasil Proses Pengelasan Metode FCAW dengan Variasi Waktu Perendaman

Fauzi Widyawati, Syamsul Bahtiar, Syamsul Hidayat, Supianto Cibro

Sari

Air laut merupakan media korosi yang paling mudah mengkorosi material, terutama baja. Pada industri perkapalan, sebagian besar konstruksi kapal terbuat dari material baja yang akan kontak langsung dengan air laut dalam waktu yang lama. Seringkali korosi yang terbentuk di permukaan plat, namun pada area sambungan las bisa saja terjadi kecacatan yang selain dipengaruhi oleh media korosi, juga dipengaruhi dari proses pengelasan. Sehingga dilakukan penelitian untuk melihat perbandingan laju korosi antara plat baja yang diaplikasikan untuk lambung kapal, yaitu baja A36 tanpa pengelasan dan dengan pengelasan metode FCAW pada media korosi air laut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kehilangan berat. Hasil Penelitian menunjukkan laju korosi pada sampel baja A36 tanpa pengelasan dari hari ke 21 hingga hari ke 42 adalah 0,0705 mm/y dan 0,1560 mm/y. Kedua sampel mengalami kenaikan laju korosi, namun pada hari ke 63 dan hari ke 84 mengalami penurunan laju korosi yaitu 0,1824 mm/y dan 0,1804 mm/y. Begitupun dengan sampel baja A36 hasil pengelasan mengalami kenaikan laju korosi pada hari ke 21 dan hari 42 yaitu 0,1265 mm/y dan 0,2123 mm/y. Namun pada hari ke 63 dan hari ke 84 mengalami penurunan laju korosi yaitu 0,2066 dan 0,1977 mm/y. Sehingga, laju korosi yang didapat pada sampel baja A36 tanpa pengelasan lebih rendah dibandingkan sampel baja A36 hasil pengelasan. Hal ini terjadi karena kondisi media korosi sudah mencapai pada titik jenuh. Jenis korosi yang terjadi pada baja A36 tanpa dan dengan pengelasan menghasilkan jenis korosi merata dan korosi sumuran.

Kata Kunci

baja A36; korosi; pengelasan FCAW; air laut; Sumbawa

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

A-immah, N. K., Syahroni, N., & Hadiwidodo, Y. S. (2019). Analisis Pengaruh Variasi Flow Rate Gas Pelindung Pada Pengelasan FCAW-G Terhadap Struktur Mikro Dan Kekuatan Mekanik Sambungan Material Grade A. Jurnal Teknik ITS, 7(2). https://doi.org/10.12962/j23373539.v7i2.33035

Anggaretno, G., Rochani, I., & Supomo, H. (2012). Analisa Pengaruh Jenis Elektroda Terhadap Laju Korosi Pada Pengelasan Pipa Api 5l Grade X65 Dengan Media Korosi Fecl3. Jurnal Teknik ITS, 1(1). https://doi.org/10.12962/j23373539.v1i1.1619

Ariany, Z. (2014). KAJIAN REPARASI PENGECATAN PADA LAMBUNG KAPAL (STUDI KASUS KM. KIRANA 3). 35(1), 27–32.

ASM. (2004). ASTM G31-72: Standart Practice for Laboratory Immersion Testing of Metals. In ASTM HANDBOOK.

Boisvert, B. (2017). In Liquid Penetrant Examination Procedure Asme Bpv Code Speciific (Qp-01-Pt-Asme). In ASNT standard for qualification and certification of nondestrctive testing personnel (pp. 1–15).

Diaz, D. (n.d.). LIQUID PENETRANT TESTING – THE HISTORY AND PRINCIPLES OF THE METHOD. Retrieved March 21, 2022, from https://etmsllc.com/liquid-penetrant-testing-history-principles/

Kelana Asmarajaya, I. (2015). Karakteristik Kapal Karam Di Laut Jawa Utara Cirebon. Humanis, 10(3), 1–10.

Ojahan, T., & Winata, J. (2013). PERHITUNGAN LAJU KOROSI PADA MATERIAL BAJA A36 AKIBAT PROSES PENGELASAN SMAW (SHIELDED METAL ARC WELDING). Jurnal Mechanical, 4(1), 38–44. https://core.ac.uk/reader/326037287

Permata, T., & Supomo, H. (2012). Analisa Pengaruh Variasi Elektroda pada Pengelasan FCAW Material BKI Grade A Terhadap Laju Korosi. Jurnal Teknik ITS, 1(1). http://digilib.its.ac.id/public/ITS-paper-28439-4108100029-Paper.pdf

Pranata, S. A., & Supomo, H. (2013). Analisa Perbandingan Laju Korosi Pada Pengelasan Di Bawah Air Karena Pengaruh Variasi Jenis Pelindung Flux Elektroda. Jurnal Teknik ITS, 2(1). https://doi.org/10.12962/j23373539.v2i1.2590

Priyantoro, F. ., Santosa, B., & Supomo, H. (2012). ANALISA PENGARUH LUASAN SCRATCH PERMUKAAN TERHADAP LAJU KOROSI PADA PELAT BAJA A36 DENGAN VARIASI SISTEM PENGELASAN. 1(1), 1–5.

Santoso, K. A. (2018). Analisa Pengaruh Laju Korosi Plat Baja St 40 Dan Stainless Steel 304 Terhadap Larutan Asam Sulfat. Universitas Islam Majapahhit. http://repository.unim.ac.id/197/2/kukuh_Jurnal_ANALISA PENGARUH LAJU KOROSI.pdf

Saputro, F. D., & Sutjahjo, D. H. (2017). Variasi Media Pengkorosi dan Waktu terhadap Laju Korosi pada Baja Rendah Karbon (Mild Steel) dengan Pemodelan Kondisi Sirip Kemudi Kapal. Jtm, 5(3), 59–66.

Sumarji. (2012). Evaluasi Korosi Baja Karbon Rendah Astm A36 Pada Lingkungan Atmosferik Di Kabupaten Jember. Jurnal Rotor, 5(1). https://jurnal.unej.ac.id/index.php/RTR/article/view/2233/1842

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.