Analisis Struktur Mikro dan Kekuatan Aus Rel Kereta Api Tipe R54 Divre IV Tanjung Karang

Eko Pujiyulianto, Fajar Paundra, Jukepri Brain Meliala, Hadi Teguh Yudistira, Amelia Oktavia, M. Fahan Sidik, M. Rafi Kurniawan, Fuad Mulkan Al Machzumy

Sari

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa struktur mikro dan ketahanan aus material rel R54 yang telah digunakan di divre IV tanjung karang. Beberapa pengujian yang dilakukan adalah pengujian komposisi kimia pada bagian kepala dan bagian badan dengan menggunakan spektrometri, pengujian struktur mikro dengan menggunakan mikroskop optik, dan pengujian keausan dengan metode Ogoshi. Hasil penelitian menunjukan bahwa bagian kepala dan bagian badan memiliki komposisi kimia yang sama dimana unsur paduan utamanya adalah C, Si, Mn. Unsur Cr ditemukan pada material R54 yang dianalisis. Hasil pengujian struktur mikro menunjukan bahwa fasa yang terbentuk adalah perlit dimana pada bagian kepala berbentuk perlit halus dan pada bagian badan dan kaki berbentuk perlit kasar. Retakan ditemukan pada permukaan rel. hasil pengujian aus menunjukan bahwa nilai keausan spesifik material rel R54 adalah 1,606 x 10-8 mm2/kg.

Kata Kunci

Struktur Mikro; Ketahanan Aus; Rel Kereta; Sifat Mekanik

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Amalia, Y, A A Maulana, dan E Pujiyulianto. 2021. The Effect of Si Content on Microstructures and Mechanical Properties of Normalized Pressure Vessel Steel A517 Grade Q. Advanced Materials Research (1160) 15-23.

ASM. 2005. ASM International Volume 2 : Steel and Its Properties. USA: ASM Insternational.

ASM. 2005. High-Carbon Steel: Fully Pearlitic Microstructure and Applications. In Steel: Processing, Structure, and Performance, 281-295. Ohio: ASM International.

Atroshenko, S A, V I Smirnov, dan S S Maier. 2022. Failure analysis of pearlitic rail steel with internal macrocrack after long-term operation. Engineering Failure Analysis 139 (106445).

BS EN 14730-1:2017: Railway applications — Track — Aluminothermic welding of rails. 2017. British Standards Institution .

Chandra, Satish, dan M M Agarwal. 2007. Railway Engineering. New Delhi: Oxford University Press.

Dwiwandono, Robby, Leksono Firmansyah, Satrio Herbirowo, M Yunan Hasbi, and Fatayalkadri Citrawati. 2017. Analisa Strukturmikro dan Pengaruhnya terhadap SIfat Mekanik Batang Rel Tipe R54 . Metalurgi (2) 67-76.

Kemenhub. 2012. Persyaratan Teknis Jalur Kereta Api. Nomor PM. 60 Tahun 2012, Jakarta: Kementrian Perhubungan, 1-42.

Nejad, R M, Z Liu, W Ma, dan F Berto. 2021. Fatigue reliability assessment of a pearlitic Grade 900A rail steel subjected to multiple cracks . Engineering Failure Analysis 128 (105625) 1-15.

Pointner, Peter. 2008. High strength rail steels—The importance of material properties in contact mechanics problems. Wear (265) 1373–1379.

Pujiyulianto, Eko, Abdul Muhyi, Fajar Paundra, Fajar Perdana, Hadi Teguh Yudistira, and Muhammad Syaukani. 2022. Failure analysis of a wear ring impeller . Engineering Failure Analysis 138 (106415) 1-13.

Pujiyulianto, Eko, Sri Bimo Pratomo, and Pawawoi. 2018. Pengaruh Carbon terhadap Struktur Mikro dan SIfat Mekanik Baja Mangan Austenitik. Jurnal Metal Indonesia 40 (1) 17-25.

Pujiyulianto, Eko, Y Amalia, T Wahyuningsih, Frideni YPG Field, Riria Z Mirahati, and Suyitno. 2020. The Effect of EDM Process on the Microstructure of CP-Titanium Grade 2 and AISI 316 L in Cardiovascular Stent Manufacturing. Key Engineering Materials (867) 1-7.

JFE. 2020. Rail. Tokyo: JFE Steel Corporation.

Schnalzger, G, J Maierhofer, W Daves, R Rippan, dan A Hohenwarter. 2022. Fatigue crack growth of deformed pearlitic rail steels under multiaxial loading. Procedia Structural Integrity (39) 313-326.

Schnalzger, G, W Daves, R Pippan, J Maierhofer, dan A Hohenwarter. 2022. Crack path investigations in a pearlitic rail steel after pre-deformation under cyclic Mode-II loading. Engineering Failure Analysis 140 (106567).

Sudiyanto, Anton, dan Eko Pujiyulianto. 2021. The Effect of Varying Quenching Media on Cooling Time and Microstructures of Leaf Spring Steel AISI 5160. AIP Conference Proceedings. AIP Publishing, 1-10.

Toribio, J, B González, J C Matos, dan F J Ayaso. 2014. Role of the microstructure on the mechanical properties of fully pearlitic eutectoid steels . J. Toribio et alii, Frattura ed Integrità Strutturale (30) 424-430.

Torlakovic, M T. 2014. Guidelines for the Rail Grade Selection. Metabk 53 (4) 717-720.

Ueda, M, dan K Matsuda. 2020. Effects of carbon content and hardness on rolling contact fatigue resistance in heavily loaded pearlitic rail steels. Wear 444-445.

Yushandiana, F, H Setiana, dan E Pujiyulianto. 2020. Case Study: The Failure Analysis of Pipe ASTM A351 HK-40 in Reaction Plant Unit. Journal of Failure Analysis and Prevention (20) 663–670.

Zhou, L, W Bai, Z Han, W Wang, Y Hu, H Ding, R Lewis, E Meli, Q Liu, dan J Guo. 2022. Comparison of the damage and microstructure evolution of eutectoid and hypereutectoid rail steels under a rolling-sliding contact. Wear (204233) 492-493.

Z. Dencheva. 2014. Superstructure and maintenance of the railway., Bulgaria (Sofia).

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.